Minggu, 27 Maret 2011

Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Penanaman Cabai

Desa Balumbang Jaya, Rt. 02, Rw. 04 menjadi target pembagian bibit cabai oleh Kementerian Pertanian BEM KM IPB hari Sabtu (26/03). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian program kerja Kementerian Pertanian BEM KM IPB sebagai bentuk perhatian mahasiswa kepada masyarakat.

Bibit cabai yang dibagikan ke 50 rumah tangga merupakan bibit cabai hasil budidaya IPB dengan nama varietas BARA dan PESONA. Masing-masing rumah tangga mendapatkan dua bibit cabai dari varietas yang berbeda.

“Kegitan ini merupakan bentuk perhatian mahasiswa kepada masyarakat, sehingga masyarakat termotivasi untuk memberdayakan pekarangan rumahnya untuk menanami tanaman yang bermanfaat seperti cabai ini. Setidaknya dengan adanya tanaman cabai di pekarangan rumah, masyarakat tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk membeli cabai ke pasar. Bibit yang kami berikan merupakan bibit cabai unggulan, BARA adalah jenis cabai rawit, dan PESONA adalah jenis cabai merah besar. Produksinya lumayan banyak dan berkualitas. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat”, ujar Menteri Pertanian BEM KM IPB, Fajar Sidiq.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Bapak Wijaya Riansyah, selaku ketua Rt. 02. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Cabai ini bisa dijadikan sebagai konsumsi harian untuk masyarakat dan setidaknya dapat mengurangi anggaran masyarakat untuk menutupi kebutuhan lainnya selain cabai. Kami berharap, selain dengan program yang baik seperti ini, mahasiswa juga dapat memberikan kontribusi lainnya kepada masyarakat, seperti pendidikan dan sebagainya”.

Kegiatan penanaman cabai di pekarangan ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Setiap minggunya, mahasiswa akan kembali turun untuk mengkontrol penanaman cabai ini, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat. (bms)

KOMINFO BEM KM IPB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar